Langsung ke konten utama

Berani Beda dengan Berwirausaha #5

Berbagai pengalaman menarik saya rasakan seiring menjalani usaha saya ini. Salah satunya adalah menjadi partner PT. IHI Gasification Indonesia sebagai tender (working order) jasa analisis air limbah mereka.


Ternyata ada penghambat dalam transaksi ini yakni regulasi perpajakan yang mengharuskan saya memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). NPWP ini sangat membantu saya dalam mencari supplier hulu (utama). Dari transaksi tersebut mengharuskan potongan 2,5% yang masuk ke dalam kas negara.

Pengalaman lain yaitu LabIndonesia2016 pada bulan april lalu. Sungguh pengalaman berharga karena saya dapat menemui berbagai produsen dan distributor hulu peralatan dan perlengkapan laboratorium. Misalnya PT. Merck Indonesia, CMSI, IKA, PT. Multilab, PT. Laborindo dan sebagainya. Awalnya cukup eman juga mengeluarkan budget 500 ribu untuk kegiatan satu hari penuh ini tapi saya positive thinking karena saya akan menemui hal menarik. Benar saja, seminggu setelah mengikuti acara tersebut saya mendapatkan PO dari PT. Harsen Laboratories untuk mensupplai kebutuhan bahan kimia dan bahan kimia tersebut harus impor langsung dari jerman. Saya pun mengontak PT. Merck melalui distributor mereka untuk mengimpor L-Isoleucine.


Dari sinilah saya berani untuk melangkah menjadikan Luca's Labs menjadi Laboratorin do Global Scientific, mengumpulkan/menghimpun semua supplier laboratorium dan memudahkan mahasiswa/peneliti untuk mencari kebutuhan mereka.

Akhir semester 2 saya mengikuti pembinaan di LPIK (Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan) ITB sebagai peserta TOP Batch 2. Disini lah jiwa entepreneurship saya diasah, diajari berbagai sistem dan regulasi dalam berbisnis. Beberapa pertemuan saya diajarkan tentang value preposition yaitu sebuah gambaran bisnis yang saling berkaitan dan bagaimana cara untuk menyaring pasar. Saya dilatih untuk menguasai pasar berdasarkan riset yang telah dilakukan




Tujuan saya kedepannya adalah ingin memberikan lapangan pekerjaan, minimal kepada 10 orang saat saya akan lulus dari prodi Teknik Kimia ini dan mengembangkan keilmuan saya untuk permasalahan yang lebih besar. Saya sedang berusaha mencari kegagalan sebelum umur 28 tahun. Good decisions come from experience, and experience comes from bad decisions. Saya ingin di masa emas saya nanti, kegagalan-kegagalan yang mungkin terjadi nantinya sudah saya rasakan dahulu agar dampaknya tidak terlalu besar.

Akhir kata, jangan takut untuk memulai !! Semua yang besar awalnya dari yang kecil

Komentar

Popular Posts

Mahasiswa Bidik Misi Makan di Mekdi (1)

Kumpulan Karya Ilmiah dan Essay #3