Langsung ke konten utama

Resume Interaksi PPAB Himatek ITB 2016 #1

PPAB Himatek ITB 2016 dimulai pada hari senin, 8 agustus 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kader himatek yang memiliki karakter, rasa dan berdaya juang tinggi. Kegiatan PPAB dimulai pada puku 07.00 WIB di gedung PLN ITB dan di mobilisasi ke halaman lab pilot labtek X yang dilanjutkan cek spek dan tugas. Kegitan selanjutnya yaitu seminar yang dibuka oleh kepala program studi (kaprodi) TK dan dilanjutkan pemaparan wawasan tentang Teknik Kimia Umum dan Bioproses oleh dosen TK.

Pemaparan pertama Ir. Dwiwahyu Sasongko, Ph.D dengan topik pengenalan lingkup teknik kimia yang mencakup banyak keilmuan, misalnya pengolahan minyak bumi mentah (crude oil) menjadi BBM, proses pembuatan batu bara menjadi minyak bumi, proses pengeringan (driying), proses transfer panas (heat transfer) dan masih banyak lagi. Menurut saya agak membosankan sih karena banyak di internet he he

Pemaparan kedua oleh Dr. Penia, M.Sc. mengenai keilmuan di sub-jurusan bioproses yang menggunakan hampir 100% mikroba untuk berbagai proses, mulai bidang makanan hingga pengolahan limbah.

Pemaparan oleh kedua dosen tersebut cukup membuka wawasan peserta untuk menentukan pilihan kedepannya apakah ingin bergelut di proses teknik kimia umum ataupun bioproses. Kalau saya sih teknik kimia umum he he tapi masih belum memantapkan spesialisasi di bidang lingkungan, infrastruktur, material ataupun energi.

Setelah kegiatan seminar oleh dosen selesai, dilanjutkan lagi seminar setelah ishoma. Seminar kedua ini diisi oleh alumni TK dengan topik berkarya dan berinovasi serta entepreneurship. Alumini TK ini yaitu mas samuel, TK 2012 yang telah lulus dan bekerja di PT. Nutrifood. Mas samuel juga aktif sebagai ketua ITB in move yang merupakan gerakan inovasi untuk mahasiswa ITB dalam memunculkan karya-karya berupa konsep ataupun nyata yang dapat berkelanjutan. ITB in move diadakan 2 kali dalam  setahun yaitu maret dan oktober. Selanjutnya diisi mengenai entepreneurship, pentingnya berwirausaha untuk mahasiswa. Yah penting dong, kalau kata guru SMA saya "kalau kamu tidak bisa hidup dengan capaian akademikmu, kamu masih bisa bertahan dengan jiwa entepreneurmu" maka terbentuklah laboratorindo.com yang merupakan revolusi dari tokopedia.com/labmania yang sekarang menjadi penghasilan utama saya he he.

Kegiatan seminar selanjutnya diisi oleh ketua himpunan Himatek angkatan 2012 mengenai pentingnya berkarya dan berinovasi juga dan senator Himatek mengenai KM ITB. Masalah politis saya kurang mengerti, jadi skip aja.

Dalam interaksi pertama ini, banyak hal yang menjadi evaluasi bagi diri saya dan angkatan. Tugas-tugas yang harus dikerjakan tepat waktu dan kesadaran/kepedulian terhadap sesama menjadi kewajiban peserta PPAB ini. Kegiatan berlangsung hingga pukul 05.00 ditutup dengan forum angkatan tertutup

Post ini gaada fotonya, ga sempet foto-foto


Komentar

Popular Posts

Mahasiswa Bidik Misi Makan di Mekdi (1)

Kumpulan Karya Ilmiah dan Essay #3