Langsung ke konten utama

Berani Beda dengan Berwirausaha #2

Dalam mendapatkan konsumen tentunya kita harus menjangkau pasar yang kita tuju dengan berbagai promosi dan pengenalan. Metode yang saya gunakan waktu itu hanyalah posting di line dan di share di berbagai grup angkatan fakultas. Bicara tentang tantangan, jujur saya malu ketika mempromosikan saya sebagai pedagang dan takut kalau postingan tersebut mengganggu. Tapi hal tersebut merupakan bagian terpenting dalam usaha agar konsumen mengetahui produk yang kita jual. 





Benar saja, ketika memasuki akhir semester banyak yang mengontak saya untuk memenuhi kebutuhan RBL (Research Based Learning) mata kuliah Fisika Dasar I dengan pokok bahasan pemanfaatan kalor sebagai energi mekanik. Banyak yang membutuhkan spirtus (alkohol), beberapa peralatan lab termasuk termometer dan sebagainya. Dari sinilah saya belajar yang namanya peluang. Peluang aspek yang cukup penting dalam usaha. Menurut saya tidak serta merta peluang itu terlihat namun dengan kepekaan dan insting. 

 

Gambar diatas merupakan barang-barang yang saya siapkan untuk dijual waktu minggu-minggu RBL. Yah mungkin nama brand yang saya jual tidak begitu menjual tapi mudah untuk diingat yaitu "Luca's Labs". Saya sendiri sebenarnya malu dengan nama ini, tapi yasudah lah. Akhir semester menjadi ladang rejeki bagi saya, selain berjualan di kampus saya mendapatkan tawaran proyek riset dari salah satu dosen di Universitas Bengkulu untuk menganalisis yield batu bara proses dekomposisi menggunakan katalis paladium dan alumina yang saya kerjakan kurang lebih 2 minggu di laboratorium kimia mineral, pusat penelitian geoteknologi LIPI Bandung yang diawasi oleh mentor saya sendiri, Dr. Anggoro Tri Mursito. Penelitian ini membutuhkan dana kurang 6jt rupiah karena menggunakan katalis yang cukup mahal yaitu paladium dan alumina. Cipratan gaji sedikit untuk saya setelah menyelesaikan proyek ini. Kok bisa diajak proyekan ? Krn saya mempromosikan barang dan jasa saya melalui Luca's Labs tadi, itulah mengapa saya bilang promosi/marketing itu penting



Semester 1 cukup sekian, 3 bulan saya banyak belajar mengenai bisnis ini mulai cara mendekati konsumen, manajemen waktu, menajemen keuangan dan cash flow dan dasar/hakikat dari berdagang itu sendiri bahwa berdagang bukanlah mencari keuntungan sebesar besarnya namun untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memposisikannya sebagai raja. Oh iya, dalam Islam, berdagang merupakan 9 dari 10 pintu rezeki selain itu dapat bermanfaat bagi orang lain

Komentar

Popular Posts

Cara Legal Download Jurnal Elsevier dengan Akun Email Universitas

Santos Ltd: Perusahaan Multinasional yang Menyokong Kebutuhan Gas di Indonesia

Rekayasa Siklus Karbon sebagai Energi Terbarukan